Rabu, 27 Maret 2013

Siapa Bilang Fisika Cuma Sekumpulan RUMUS yang Bikin STRESS?

Mendengar kata fisika, apa yang terbayang dalam benak anda?
Bagi kebanyakan orang, mungkin fisika itu identik dengan rumus - rumus super rumit yang hanya ditangani oleh ilmuwan super cerdas berkaca mata tebal dalam sebuah gudang penuh buku. Jika itu yang ada dalam pikiran anda, tunggu dulu sampai anda melihat ini. Sebuah software didesain oleh Dmitri Xanthopoulos untuk memvisualisasikan fenomena - fenomena benda fisik. Dengan menggunakan tools yang ada, anda dapat mereka adegan - adegan berdasarkan hukum fisika dalam bidang 2D. Anda dapat merancang katrol, roda gigi, rantai dan yang lainnya. Beberapa tools menampilkan boneka sebagai demostrator. Ini bagian terlucunya, saya sempat berpikir seperti itulah manusia tanpa otak dan naluri. O iya, nama software itu Physion kependekan dari Physic Simulation. Sederhana, mudah dan menyenangkan.



Sejauh pengamatan saya, software ini hanya memuat hukum - hukum mekanika newtonian dan segala konsekuensinya di bidang teknik. Sementara cabang fisika klasik yang lain seperti elektromagnetik dan termodinamika belum tercakup di dalamnya. Namun itu saja sudah cukup untuk membuktikan bahwa fisika itu mengasyikkan, terutama bagi anda yang mengidap "phobiaphysica".

Software Physion secara gratis bisa didownload di SINI, dan untuk sementara perangkat lunak ini hanya tersedia bagi pengguna Windows dan Linux. Jadi, harap sabar saja bagi MacOS user...

Tidak ada komentar: