Jumat, 13 Juni 2014

dua puluh dua mei dua ribu empat belas (dag dig dug #sidang skripsi)

Akhirnya.... 22 Mei 2014, sidang skripsi...

Seminggu sebelum sidang, angin tiba-tiba masuk ke tubuhku (maksudnya masuk angin). Rasanya perut begah, pingin muntah, ga enak makan, ga enak semua pokoknya, terbayang 22 Mei 2014. Tapi yang aneh, aku tetap bisa tidur nyenyak seperti biasa (aku memang hebat...hahaha...). Padahal dari cerita teman-teman, mereka pada ga bisa tidur kalo besoknya mau sidang. Mungkin karena aku hobi tidur, hahaha... (tidur kok dijadikan hobi >.<).

Dan tibalah esok hari, hari sidang skripsi. Jantungku berdegup cepat, kaki bergetar hebat... (nyanyi lagunya SO7 - Hari Bersamanya). Ya...aku adalah sheilagank (haishh....ga penting..). OK, lanjut.. hehehe...
Aku berangkat ke kampus jam 7, ujiannya jam 9 (aku memang mahasiswa rajin.. :') ). Perjalanan dari rumah ke kampus sekitar satu jam, makanya berangkatnya jam 7. Jarak rumah ke kampus lumayan jauh, ga boleh kos pula (hahhh...kenapa dunia ini sungguh kejam...ngekos aja ga boleh...). Tapi ga masalah, aku sudah melewatinya selama 4 tahun.

Sampai di kampus...jeng..jeng... langsung ke labkom (laboratorium komputer), udah dijadikan tempat nongkrong sehari-hari juga (lab buat tempat nongkrong??? mahasiswa pintar... #plaakk). Di labkom, nunggu jam 9, nunggu dosen (ini mau sidang atau menunggu yang ga pasti sih??? #tsah). OK..harus nunggu dulu...tik tok tik tok...tereeeng... jam 9... Satu dosen datang... Namanya Pak Nugroho, biasanya dipanggil Pak Nug, beliau jadi dosen pembimbing II, tp sekarang posisinya jadi penguji. haahhh....

Tik tok tik tok...menunggu lagi..kurang dua dosen lagi yang belum datang. Waktu terus berjalan. Teeennggg.... jam 09.30, dan 2 dosen tersebut tak kunjung datang (ohh..malangnya nasibku :'( ). OK, aku putuskan untuk telpon beliau berdua. Tuutt...tuutt...tuuttt.. (telponnya lagi kentut.. emang, telponnya hobi kentut... #apa sih..). Dan ternyata... hiks huks hiks huks.. sidangnya diundur jam 1 (aaarrggghhh... #pukpukpuk). Ternyata jadwalnya kurang tepat, hari itu tepat barengan sama coblosan calon Rektor. Ya sudah, ku terima dengan lapang dada (padahal nyesek rasanya...).

Tik tok tik tok... menunggu lagi... (duuhhh...dari tadi nunggu mulu... nasib..).

Ya ampun...nunggu 3 jam serasa 3 tahun... (#alay dikit). Selama nunggu jam 1, aku ditemani teman-temanku yang baik hati (pas hari itu doang sih baiknya.. #Plaakkk...dipukul pake elektrodanya anak geo...). Terima kasih buat Ninik, Siska, Elpe, Lely, Novia, Om Didit, Agus Hari, Fandy, dll (aku lupa yang lain..maaf...).

OK..udah jam 1.

Satu dosen datang, dosen yang pertama datang sama kayak yang tadi, Pak Nug (ohh...memang dosenku paling rajin..). Ga lama kemudian dosen kedua datang. Beliau dosen penguji utama, namanya Pak Daeng. Ga seperti biasanya, beliau datang dengan wajah sangar dan sedikit diam, ngomong cuma seperlunya.

          "Pak Wid (dosen yang satu lagi) udah datang?" Mr. Daeng said.
          "Belum Pak..." jawabku.

Tanpa bicara apapun, beliau langsung ke ruangan sebelah, langsung baca draft skripsiku, langsung dicoret-coret, langsung... (aarrrgghhh... dicoret-coret...).

Beberapa menit kemudian dosen ketiga datang. Namanya Pak Widjianto, biasa dipanggil Pak Wid. Beliau sebagai dosen pembimbing I, tapi kalo pas ujian ya sebagai penguji. Pak Wid terkenal sebagai dosen yang killer. Tapi setelah beberapa semester ku beranikan diri untuk ikut mata kuliah yang diampu beliau, ternyata beliau baik banget, keren, waktu membimbing juga ngasi saran-saran yang bagus buat skripsiku, keren deh pokoknya. Mungkin kalo belum dekat memang seperti dosen killer.

OK..lanjut.. Yeee....dosenku udah lengkap (padahal jatungku berdegup ga karuan..).

Sidang dimulai....teettt..tereetttt...tereeeettttt...

Pak Wid mempersilahkan aku buat presentasi. Presentasinya dikasi waktu 15 menit (what??? 15 menit??? #ga cukup lah...). Ya, menurutku waktu 15 menit itu masi kurang. Skripsiku tentang pemrograman, jadi selain presentasi aku juga harus jalanin program yang prosesnya lumayan lama. Tapi tak apalah, dosen pasti nungguin aku selesai presentasi dan jalanin program.

Presentasi selesai, penguji utama (Pak Daeng) mulai bertanya. Dengan wajah sangar (saat itu beliau memang beda dengan hari biasanya #beda banget), beliau awalnya ngasi saran masalah numbering buat sub bab, masalah penulisan pokoknya, selanjutnya.... (ga usah diceritakan #skip). Pertanyaan selanjutnya dari Pak Nug, kemudian dilanjutkan pertanyaan dari Pak Wid. Pertanyaan demi pertanyaan aku jawab (entah itu bener apa salah, yang penting JAWAB...hahahaha....).

Sesi tanya jawab selesai, kira-kira 1,5 jam. Saya disuruh keluar dari ruangan karena dosen mau diskusi nilai. Aku keluar, ternyata di luar teman-teman menungguku (ohh...so sweet... :-* ). Setelah beberapa menit aku dipanggil lagi buat masuk ke dalam, mendengar keputusan lulus apa ga (lulus lah... #pede aja).

Setelah duduk, Pak Wid mulai bicara.

          "Semalam kamu mimpi apa?" Mr. Wid said.
dengan santainya aku jawab, "ga mimpi apa-apa Pak..hehe..."
          "......." semua dosen terdiam.
aku bicara lagi, " iya Pak, anehnya tadi malam saya bisa tidur nyenyak, padahal kata teman-teman kalo mereka mau ujian pada ga bisa tidur semua.." (aku memang hebat...hahaha).
Kemudian Pak Wid bicara, "Wah..kamu hebat ya..." (tuh kan...dosenku aja bilang aku hebat..).
"Tapi nanti malam kamu pasti ga bisa tidur nyenyak..", tambah Pak Wid (wew...huh hah huh hah...).

Setelah itu, Pak Wid mengumumkan hasilnya.

           "Selamat..kamu LULUS...", Mr. Wid said. (yeeeeee...akhirnya....)
           "Tapi... (aaarrrgggghhhhh....kenapa ada tapinya???) dengan beberapa tambahan dari Pak Daeng, Pak Nugroho, dan Saya..", lanjut Pak Wid.

Ya, meskipun ada beberapa revisi, tak apa, yang penting LULUS. Dengar kata lulus itu rasanya seperti banyak kupu-kupu terbang di perutku #tsah..

Ini dia para dosen penguji... (dari kiri: Pak Nug, Pak Wid, Saya, Pak Daeng)
Akhirnya, selama 4 tahun aku belajar di kampus ini, banyak suka duka yang aku lewati. Ngerjakan laporan praktikum yang seabrek, ngerjakan tugas bareng-bareng, nyontek waktu ujian (hahh..nyontek waktu ujian??? #memalukan, yang ini jangan ditiru ya...).

Alhamdulillah...

Terima kasih untuk semua pihak yang sudah membantu pengerjaan skripsiku. Kedua orang tuaku yang selalu mendoakanku dan memberi semangat ketika aku mengeluh tentang skripsi yang ga selesai-selesai, Mas Sandy yang sudah memberi ide skripsi, teman-teman yang selalu memberi semangat dan selalu mengoprak-oprak biar aku ga malas ngerjakan skripsi, terima kasih...

teman-teman (dari kiri: Fandy, Novia, Saya, Elpe, Om Didit, Agus Hari)


With Elpe
Fandy mesti gayanya kayak gini... #modus
Oh iya, terima kasih juga buat Pak Anang yang sudah memberikan fasilitas wifi khususon dan labkom berAC jos gandos, terima kasih...

With Pak Anang
Terima kasih untuk semuanya yang mungkin belum saya sebutkan, terima kasih.... 

Tidak ada komentar: